manufacture 2
Istilah – istilah yang biasa digunakan dalam Perusahaan Pabrik adalah :
Akuntansi Biaya (cost accounting) adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan penetapan harga pokok produksi dalam sebuah perusahaan pabrik (sekarang ini ruang lingkup akuntansi biaya diakui tidak hanya terbatas pada penetapan harga pokok produksi saja, tetapi juga mencakupi perencanaan dan pengendalian).

Bahan Baku (raw materials) adalah bahan – bahan yang dipakai dalam proses produksi yang dapat dengan mudah dan langsung diidentifikasikan dengan barang jadi yang dihasilkan.

Bahan Pembantu (indirect materials) adalah bahan – bahan yang dipakai dalam proses produksi, tetapi tidak dapat diidentifikasikan dengan barang jadi yang dihasilkan.
Barang Jadi (Finished Goods) adalah barang yang telah selesai diproduksi tetapi belum dijual. Biaya yang tercakup di dalamnya meliputi seluruh beban pabrik.
Biaya Pabrik (manufacturing cost) adalah biaya bahan baku, buruh langsung, dan biaya pabrikasi yang dibebankan dalam satu periode.
Biaya Pabrikasi (overhead cost) adalah biaya – biaya pabrik selain bahan baku dan buruh langsung yang tidak dapat diidentifikasikan secara langsung dengan barang jadi yang dihasilkan.
Biaya Produksi (production cost) adalah biaya – biaya yang dibebankan dalam proses produksi selama satu periode. Biaya ini terdiri dari persediaan dalam proses awal ditambah biaya pabrik.
Buruh Langsung (direct labor) adalah buruh yang menangani secara langsung proses produksi atau yang dapat diidentifikasikan langsung dengan barang jadi yang dihasilkan.
Buruh Tidak Langsung adalah (indirect labor) adalah buruh yang biayay nyatidak dapat diidentifikasikan secara langsung dengan barang yang dihasilkan.
Harga Pokok Produksi (cost of manufacturing goods) adalah biaya pabrik ditambah dengan persediaan dalam proses awal dikurangi dengan persediaan dalam proses akhir. Biaya ini merupakan biaya produksi dari barang yang telah diselesaikan selama satu periode.
Persediaan Dalam Proses (work in proses) adalah biaya bahan baku dan biaya – biaya pabrik lain yang telah terjadi untuk memproduksi barang yang belum selesai.
Laporan Harga Pokok Produksi (cost of manufacturing goods statements) adalah laporan harga pokok produksi selama satu periode.
Sumber : Soemarso, Pangantar Akuntansi I, Tahun 2002

Comments are closed.